Konsep Dasar

KONSEP DASAR

Secara filososfik, madrasah model Mathla’ul Anwar bersifat kohesif dan menyeluruh, memberikan pelayanan pendidikan yang individual dan melakukan pembinaan sumber daya manusia yang unggul dan mampu menghadapi tantangan globalisasi.

STANDAR MUTU

Sebagai madrasah model memiliki standar mutu yang jelas, dapat dicapai, dapat diterima, teramati dan terukur, terbuka, dan harus tinggi. Standar mutu yang dimaksud yaitu;

a. Berkaitan dengan peserta didik, meliputi

1) Standar penerimaan.

2) Standar akademik

3) Standar kelulusan

4) Standar ketrampilan

5) Standar kehadiran

6) Standar tugas-tugas

7) Standar perilaku

8) Standar berpakaian

9) Standar prestasi tinggi

10)Standar pembinaan peserta didik(osis,ekstra kulikuler, pembinaan IMTAQ dll.)

11)Standar pelayanan (BK, Gura-siwa, Wali Kelas, Wali Asrama)

12)Memiliki tujuan sosial dan akademis yang jelas

13)Memiliki daya juang dan bekerja keras

14)Memberikan dan mendorong peserta didik mandiri dan bertanggung jawab

b. Berkaitan dengan SDM terutama Guru, meliputi

1) Standar Penerimaan (sistem rekruitmen)

2) Standar pembinaan (profesi maupun karier)

3) Standar kinerja (standar pembelajaran, disiplin, tanggungjawab, demokratis)

4) Standar perilaku (keteladanan yang Islami)

5) Standar kehadiran (kerja full time/tidak rangkap pekerjaan)

6) Standar komitmen pada prestasi

7) Standar keimanan dan ketaqwaan (bersifat lahiriah dan perilaku)

8) standar kesejahteraan yang tinggi

c. Berkaitan dengan Sistem Menejemen dan Organisasi, mencakup :

1) Menejemen madrasah yang demokratis

2) Kepemimpinan yang kuat dan kolaboratif

3) Mempertahankan stabilitas staf (karyawan dan guru)

4) Pengembangan staf yang terencana dan terprogram

5) Keterlibatan aktif dan dukungan orang tua (FKOT dan KM)

6) Komitmen dan penghargaan madrasah terhadap prestasi tinggi

7) Memaksimalkan waktu belajar

8) Sistem perencanaan yang kolaboratif dan aspiratif.

9) Tingkat kepekaan seluruh warga madrasah terhadap kondisi madrasah tinggi

10)Tujuan madrasah jelas dan terukur

11)Komitmen terhadap ketertiban, disiplin dan produktifitas tinggi

12)Peraturan yang ditetapkan jelas dan memenuhi rasa keadilan.

d. Berkaitan dengan Sarana dan Prasarana, mencakup :

1) Fasilitas gedung yang memenuhi prasyarat dan memadai (ruang kelas, laboratorium, masdjid, perpustakan, asrama, dll.)

2) Ketersediaan buku teks dan buku bacaan dan akses informasi berbasis IT yang cukup dan memadai

3) Memiliki buku panduan guru dalam melaksanakan pembelajaran (kurikulum, silabus, rencana pembelajaran, sistem penilaian pelaporan. dll.)

4) Standard diagnostik dan evaluasi terhadap peserta didik (psyko tes, diagnostik tes, angket dll.)

5) Sarana pengembangan ekstra kurikuler yang cukup

6) Sarana adimistrasi ketatausahaan yang memadai

7) Nuansa keislaman dan iptek di lingkungan kampus dan asrama.

8) Ketersediaan biaya yang cukup

PROGRAM UNGGULAN SEKOLAH

Program Unggulan madrasah Mathla’ul Anwar Meliputi:

Akademik (Matematika dan Sains)
Tekhnologi Informasi Sistem dan Aksesnya
Bahasa (Inggris dan Arab)
TINGKAT

Tahap pertama tahun 2012, tingkatan sekolah yang dibuka adalah:

Primary School (SD), dan
Secondary School (SMP)
PROGRAM PENGEMBANGAN KURIKULUM (master plan)

Responsi
Program tutorial
Program intensif
Klinik mata pelajaran
STRATEGI PEMBELAJARAN

Strategi pembelajaran yang dilaksanakan di Madasah Model Mathla’ul Anwar menggunakan berbagai pendekatan metodologi yang kreatif dan inovatif, seperti :

Pendekatan Quantum Learning,
Accelerated Learning,
Pembelajaran dengan pendekatan Multiple Intelligences,
Riyadhoh,
Modeling,
Modul System,
Test Out system,
Field Observation,
Try Out System.
BIMBINGAN DAN KONSELING (master plan)

POLA PEMBINAAN GURU SISWA (master plan)

PROGRAM LABORATORIUM

Dalam rangka mewujudkan Madrasah Model Mathla’ul Anwar setidaknya diperlukan tujuh laboratorium, yaitu :

Laboratorium Fisika
Laboratorium Biologi
Laboratorium Kimia
Laboratorium Bahasa
Laboratorium Komputer.
Laboratorium ITC
Laboratorium Self Access
PERPUSTAKAAN

Perpustakaan didukung dengan teknologi komputer dan teknologi informasi (Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Access) dengan koleksi meliputi:

buku
artikel (majalah, jurnal, surat kabar), dan
koleksi digital (virtual library)